KORNOLOGI KEBAKARAN RUKO DAN RUMAH DI PASAR BODOK, SANGGAU KALBAR

Penulis : Nicodemus RizkyAsal

kampus : Universitas Tribuana Tunggadewi

Prodi : Ilmu komunikasi

Kebakaran Melanda Pasar Bodok, Kecamatan Ni Parindu, Sanggau, Kalimantan Barat, Pada hari Jumat, 26 April 2024, sekitar pukul 19.00 WTH,.

Sebuah peristiwa kebakaran menghanguskan satu blok RUKO di Pasar Bodok, Jalan Raya Bodok, pasar bodok, Desa Pusat Damai, Kecamatan Parindu. Menurut keterangan warga, Djati Lion, yang berada di depan RUKO miliknya melihat kepulan asap berasal dari lantai kedua. Api dengan cepat membesar, mereka berusaha memadamkan dengan alat seadanya, Samuel Phaong melarikan diri.

Sementara itu, sekelompok orang yang sedang bersantai di seberang toko, termasuk Eduard Buitar-Bunar, Celvin Dean Ardana, Julins Yoga Saputra, dan Gabriel Aprilly Sogarito melihat kebakaran dari lantar dua Toko Melati Mereka mencoba meminta bantuan kepada Djati Lion, namun tidak berhasil Akhirnya, Eduard Butw-Butar melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian Anggota, Polsek Parindu, Briptu Wariante dan Briptu Agus Setyawato beserta anggota UPK Pemadam kebakaran juga berusaha membantu memadamkan api, namun akhirnya terpaksa keluar dari RUKO karena api terlalu besar. Pihak berwenang dengan melaporkan kejadian kepada Kapolsek Parindu dan menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sanggau Sekitar pukul 00.15 WIB petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Sanggau, dibantu oleh UPK Yayasan Sentosa Sanggan. UPK Soock, dan UPK Kembayan, tiba di lokasi kejadian untuk melakukan proses pemadaman Saat ini kerugian material dan jumlah korban jiwa masih belum dapat dipastikan. Proses pemadaman masih berlangsung sementara dugaan sementara mengarah pada kebocoran gas atau arus pendek sebagai penyebab kebakaran. Upaya penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan oleh pihak berwenang.

Amukan si jago merah tersebut menghanguskan puluhan ruko yang ada di pasar Bodok Parindu, dengan adanya kejadian kebakaran tersebut mengakibatkan jalan antar provinsi yang menghubungkan beberapa kabupaten di wilayah Sanggau, Sekadeu, Sintang, melawi dan Kapuas Hulu membuat Petugas pemadam kebakaran yang disebabkan masih berusaha menyelamatkan korban, api yang besar dan tinggi membuat puluhan ruko yang ada di pasar Bodek Parindu. Sampe berita ini diterbitkan tita awak moda mencoba mencari informasi kepada masyarakat yang berada di tempat kejadian KBRN, Sanggau Pejabat (P) Bupati Senggau, Suherman meninjau lokasi kebakaran di Pasar Bedok, Desa Puust Dumai, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sangga, Sabtu (27/4/2024) Dalam patroli yang terjadi Jumat malam hingga Sabtu pagi tadi, sebanyak 28 ruko Indet dilup si jago merah.

“Kami (Pemkab Sanggan) turut prihatin dan Pemerintah Kabupaten Sanggau, kami akan memberikan bantuan sembako dan perlengkapan untuk anak-anak sekolah,” ungkap Suherman, di Bupati Sanggau, Sabtu (21/4/2004).

“Tak sembako seperti beras 20 kilogram perjiwa sehingga bisa mencukupi kebutuhan kurang lebih dua bulan,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Sanggau, Suherman, safah membuka pondok bantuan dan penanggungan. Lokasinya di rumah dinas Sekretaris Casat Parindu Apabila dibutuhan untuk tempat makan kami akan upayakan Beberapa dengan dokumen negara seperti KTP, KK yang ikut terbakar nanti akan diurus melalui Pemerintah Kecamatan Parindu untuk berkoordinasi dengan pihak Disdukcapil sehingga di beri bantuan dan asuransi dari pemerintah (Kontributor: Bob

Sumber: Humas Polres Sanggau

Ket Foto Kebakaran (Sumber Humas Polres Sanggau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *