Jaga Eksistensi Organisasi PERMATAR Gelar PKTD

Kupang-suaraNTT.com,-Menjaga eksistensi organisasi, Persekutuan Mahasiswa Mataru (PERMATAR) laksanakan pelatihan kader tingkat dasar (PKTD) di aula Pemda Alor,( 17-19/5/2024).

Kegiatan tersebut merupakan program wajib dalam organisasi yang selalu dilakukan pada tiap periode, guna memperkuat kapasitas kader dalam proses pembinaan dan pengkaderan di Permatar.

Kali ini, tema yang di ambil oleh pengurus masa bakti 2023/2024Menciptakan kader yang Berkarakter, Integritas dan pemimpin yang Berkualitas”

Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa materi yang diajarkan seperti, Slayang pandang organisasi, teknik surat menyurat, manajemen konflik, motivasi berorganisasi, jurnalistik dan publik speaking.

Ket foto. Anggota Permatar Saat berdiskusi bersama Pemateri dalam Kegiatan PKTD
Ket foto. Anggota Permatar Saat berdiskusi bersama Pemateri dalam Kegiatan PKTD

Informasi yang diperoleh media ini, 40 orang peserta merupakan anggota Permatar yang berasal dari berbagai daerah.

Organisasi kepemudaan lokal yang basisnya mahasiswa asal  kecamatan Mataru ini, membuka ruang untuk daerah lain seperti kecamatan Abat Selatan, kecamatan Alor Barat daya, ada pula dari luar daerah kabupaten Alor seperti mahasiswa dari Amfoang kabupaten Kupang untuk berproses didalamnya.

Salah satu peserta yakni Soleman Malaiwali, saat ditemui media usai kegiatan mengaku senang dan bersyukur karena bisa ikut proses kaderisasi di Permatar.

Menurutnya dengan adanya kegiatan PKTD bisa menambah wawasan berpikir dan semakin mencintai daerah asal.

“Kita bersyukur bisa berkumpul bersama dan belajar di Permatar karena selain dapat ilmu kita juga semakin cinta kampung halaman,”Ujar Soleman.

Sementara ketua umum Permatar, Ariston Karmani kepada media  menjelaskan, kegiatan ini merupakan program kerja dari bidang pendidikan dan kaderisasi yang dilakukan satu kali dalam satu periode kepengurusan.

“Ini program kerja tahunan, dan setelah kami PKDT kami akan eksekusi lagi program lain yang sudah disepakati,”ungkap putra kelahiran Mataru.

Menurutnya kegiatan ini ada beberapa materi penting  yang akan menjadi dasar untuk terus belajar dan mengasah kemampuan intelektual di rumah permatar.

“Harus dibekali pertama materi tentang isi perut permatar seperti slayang pandang karena itu akan menjadi titik awal setiap kader mengikuti proses di ruma Permatar setelah itu ada beberapa materi pendukung lainnya,”ujar Ariston.

Aris sapaan akrabnya, menjelaskan panitia menyiapkan waktu cukup singkat yakni 3 hari, namun segenap anggota permatar maupun simpatisan bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Dikatakan Aris tidak semua orang yang punya waktu memanfaatkan  kesempatan seperti ini. Oleh sebab itu pergunakanlah dan manfaatkan kesempatan ini secara maksimal agar benar-benar ilmunya terserap dengan baik.

Menurut Aris ini bukan awal dan akhir dari kegiatan seperti ini tetapi ruang permatar selalu terbuka untuk mau belajar, berproses, berdinamika, mengasah kemampuan.

“Kami selalu membuka ruang.,pintu terbuka bagi siapa saja yang mau belajar,”tuturnya.

Selain itu Ariston Karmani selaku ketua umum, mewakili segenap anggota Permatar mengucapkan terimaksih, dan rasa bangga kepada anggota simpatisan yang mau meluangkan waktu berproses di Permatar.

Dikatakan Aris, Permatar selalu membuka pintu rumah bagi siapa saja  yang ingin belajar bersama, asalnya tunduk dan taan pada konstitusi dan tradisi organisasi.

Aris, berharap usai kegiatan ini, segenap anggota Permatar terus bersemangat dan berproses di permatar sebab, ruang permatar selalu terbuka bagi orang-orang yang mau belajar.

Dirinya juga berharap anggota yang sudah mengikuti PKTD tidak menjadi anggota yang biasa-biasa tetapi sudah dibekali dengan materi dasar jdi harus mampu merubah mindset berpikir yaitu berpikir kritis, inovatif dan kreatif di mana saja berada. Dan yang hadir mengikuti kegiatan bisa saling mengajak untuk berproses dan mencintai rumah Permatar.

Untuk diketahui, kegiatan PKTD yang berlangsung selama 3 hari ini sengaja didesain agar bisa bersamaan dengan perayaan ulang tahun PERMATAR yang ke 21 Tahun.

Informasi yang diperoleh media ini, segenap anggota Permatar akan lakukan doa syukuran ulang tahun sekaligus menutup kegiatan PKTD pada (19/5) di Aula Asrama Pemda Alor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *