Home / HEADLINE / Uskup Ruteng Gandeng TNI Hijaukan Lokasi Tambang
Uskup Ruteng Gandeng TNI Hijaukan Lokasi Tambang

Uskup Ruteng Gandeng TNI Hijaukan Lokasi Tambang

Uskup dan Dandim 1612 menanam pohon di lokasi tambang Ropang

Ruteng,suarantt- Prihatin dengan kerusakan lingkungan akibat usaha pertambangan di Kabupaten Manggarai, Uskup Ruteng Mgr. Hubert Leteng turun langsung ke lokasi tambang untuk menanam pohon. Pemimpin umat Katholik Manggarai Raya itu menggandeng Kodim 1612 Manggarai hijaukan lokasi tambang.

Selasa (22/1), usai misa ekologis, Uskup Ruteng  dan pasukan TNI dari Kodim 1612 Manggarai,melakukan penanaman ratusan pohon Trembesi (Samanea Saman) atau Rain Tree di lokasi tambang Mangan di Lingko Ropang Desa Lante kecamatan Reo Barat yang dieksploitasi PT.Raksha International Mining (RIM). Direktur PT.RIM Lalu Helmi Juga ambil bagian dalam aksi peduli lingkungan tersebut.

Monsinyur Hubert Leteng kepada suarantt.com mengatakan, pihak gereja menggandeng TNI dalam aksi menghijaukan kembali lokasi tambang yang rusak karena selama ini TNI sudah banyak melakukan hal serupa di beberapa loasi di Manggarai.

“ TNI sudah banyak berbuat menyelamatkan kerusakan hutan di Manggarai termasuk penanaman pohon di Hutan Rana Poja Manggarai Timur seluas 200 hektar. Itu artinya TNI mendukung kegiatan Keuskupan Ruteng yang sangat peduli dengan lingkungan hidup”Ujarnya.

Uskup Hubert berharap TNI juga bisa menanam pohon sebanyak-banyaknya di beberapa lokasi tambang di Manggarai yang kondisinya hancur berantakan.

Sementara itu,Dandim 1612 Manggarai Letkol.Inf. Jacky Ariestanto mengaku bangga digandeng pihak gereja katholik untuk sama-sama menyelamatkan lingkungan yang rusak akibat ulah manusia dan ulah pertambangan.

Dandim Jacky menjelaskan, dalam tahap awal ini pihaknya bersama keuskupan Ruteng menanam 300 an anakan pohon Trembesi di lokasi tambang Mangan Ropang,selanjutnya TNI akan menanam Trembesi lebih banyak lagi di lokasi itu.

“ selanjutnya kami akan menanam lebih banyak lagi pohon di lokasi tambang ini, saya minta aksi penyelamatan lingkungan tidak hanya oleh pihak Gereja dan TNI, hal ini juga menjadi perhatian pihak perusahaan tambang” kata Dandim Jacky.

Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1612 Mayor.Inf. Marsel Sudirman menambahkan, TNI akan selalu siap melaksanakan kegiatan kemanusiaan dan aksi penyelamatan lingkungan hidup di wilayah keuskupan Ruteng yang rusak karena perambahan liar serta pertambangan.

“kami siap mendukung Gereja yang sangat peduli dengan lingkungan hidup. Dengan kemampuan yang ada TNI juga selalu siap melaksanakan kegiatan kemanusiaan lainya” ujar Mayor Marsel.

Lalu Helmi, direktur PT. RIM mengaku sangat mengapresiasi dengan kepedulian Gereja dan TNI dalam menghijaukan lokasi tambang. “ ini akan menjadi perhatian serius pihak perusahaan ke depanya. program Go Green Mining atau hijaukan lokasi tambang juga merupakan kewajiban yang harus dijalankan perusahaan” Kata Lalu Helmi. (jhs)

 

 

 

 

About penulis

Scroll To Top