Home / NEWS / NASIONAL / PENINGKATAN STATUS STKIP JADI UNIVERSITAS BUTUH KESIAPAN MATANG
PENINGKATAN STATUS STKIP JADI UNIVERSITAS BUTUH KESIAPAN MATANG

PENINGKATAN STATUS STKIP JADI UNIVERSITAS BUTUH KESIAPAN MATANG

Para Dosen dalam Acara Wisuda Lulusan Sarjana STKIP St.Paulus Ruteng 2012

Ruteng,Suara NTT- Peningkatan status STKIP St. Paulus Ruteng menjadi universitas butuh kesiapan yang sungguh-sungguh matang, baik dosenya, kerjasama antarlembaga pendidikan, berapa jumlah dosen S2, doktornya ada berapa.  Jadi kalau mau menjadi universitas, hardware dan software harus dipersiapkan dengan baik. Selain itu, bila mau jadi universitas harus minimal ada 10 Prodi S1, 60 persenya jurusan IPA dan 40 persenya IPS. Sementara yang ada sekarang baru empat dan dua prodi lagi masih dalam proses, satunya S1 dan satu lagi DIII.

Demikian disampaikan Koordinator Kopertis Wilayah VIII, Prof. DR . I Nyoman Sucipta di sela-sela acara wisuda sarjana pendidikan STKIP St.Paulus Ruteng. Dikatakannya pula, kualitas pendidikan tidak dilihat dari lembaga pendidikan itu statusnya universitas atau tidak. Tetapi peningkatan kualitas program pendidikan (Prodi) itu yang lebih penting. Karena baik universitas, sekolah tinggi dan akademi, basis ilmunya adalah program pendidikan.

Kualitas pendidikan, kata Sucipta, bukan dilihat dari statusnya universitas atau tidak. Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana meningkatkan kualitas program pendidikan yang ada. Karena  basis ilmunya ada pada program pendidikan itu sendiri. “Baik universitas, sekolah tinggi atau akademi sama-sama kerennya. Asal  kualitasnya ditingkatkan,”katanya kepada FBC, seusai menghadiri  acara wisuda mahasiswa/i  STKIP St. Paulus  Ruteng, Jumat (9/11).

Sementara wacana peningkatan status Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) St. Paulus Ruteng, menurutnya, masih banyak hal yang harus dipersiapkan bila hendak menjadi universitas.  Belum kok, Saya belum melihat data rill laporannya untuk bisa mengarah menjadi universitas. Apalagi  belum ter-akreditasi A, ini masih sebatas wacana masyarakat,”ujarnya. “Ini bisa diwujudkan, tergantung perjuangan  dari pihak pengelola lembaga pendidikan  STKIP St. Paulus  Ruteng. Karena semuanya butuh perjuangan,” jelas Sucipta.

Sementara itu, Klaudius Oranom Maris, dalam sambutannya mewkalili 571 orang wisudawan/wisudawati yang di wisuda mengharapkan dukungan dari Kopertis Wilayah VIII agar STKIP St. Paulus Ruteng segera ditingkatkan statusnya menjadi universitas. “Kami mengharapkan,  kopertis wilayah VIII dapat membantu mempercepat proses STKIP St. Paulus Ruteng menjadi universitas,”harap Maris.

Hal yang sama disampaikan Dewan Pembina Yayasan STKIP St. Paulus Ruteng, Rm.Laurens Sopang, PR. Ia mengharapkan, pihak Kopertis Wilayah VIII turut mendukung upaya STKIP Ruteng menjadi universitas, salah satu langkah awalnya dengan membuka Sekolah Tinggi Kesehatan di Tahun 2013 mendatang, setelah itu juga akan dibuka sekolah tinggi pertanian dan pada saatnya ketiga sekolah tinggi tersebut dimerger menjadi universitas.

Terkait peningkatan status STKIP menjadi universitas, Presiden SBY dalam kunjungannya ke Ruteng beberapa waktu lalu atas permintaan Uskup Hubertus Leteng mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya melalui Menteri Pendidikan Muhamad Nuh agar membantu proses percepatan upaya peningkatan status STKIP St.Paulus Ruteng yang usianya sudah 53 Tahun menjadi universitas.

(Alfan Manah)

About penulis

Scroll To Top
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better

Twitter

Facebook

Google+